Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenag Mengeluarkan Aturan Pengeras Masjid

aturan pengeras masjid oleh kemenag
Gambar: Liputan6.com/Herman Zakharia

Bornnews.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan sebuah edaran yang mengatur penggunaan pengeras suara pada masjid dan juga musala. Surat edaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE 05 tahun 2022 yang berisi Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid atau Musala.

Dr Adib selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah mengungkapkan bahwa terbitnya pedoman tersebut untuk merawat keharmonisan antar masyarakat.

Di samping itu, Adib melanjutkan bahwa pedoman tersebut untuk merawat kebhinekaan dan juga untuk menjaga kerukunan masyarakat. Dalam bahasa yang lebih detail untuk menjaga keharmonisan, kenyamanan, dan ketertiban.

Menurut Adib, struktur masyarakat Indonesia dibangun atas dasar perbedaan. Dimana heterogenitas dalam agama merupakan sebuah pemandangan yang biasa. Sehingga dengan hadinya aturan itu dapat merawat persaudaraan di tengah warga.

Seperti yang telah kita ketahui, kasus protes terhadap pengeras suara tercatat pernah terjadi di Indonesia.

Pada 2018 silam, ada ibu rumah tangga asal Medan yakni Meiliana yang mengeluhkan volume suara adzan yang menurutnya terlalu keras. Akibat ulahnya itu, Meiliana akhirnya mendekam di penjara karena ulahnya itu. Tak tanggung-tanggung Jaksa menetapkan ibu rumah tangga tersebut sebagai tersangka penistaan agama dan dijerat dengan Pasal 156 dan 156a KUHP.

Post a Comment for "Kemenag Mengeluarkan Aturan Pengeras Masjid"